CONTOH RESENSI BUKU #1
IDENTITAS BUKU
Judul Buku : Tip &
Trik Jago Main Rubik
Penulis
: Wicaksono Adi
Penerbit
: Gradien Mediatama
Cetakan
: 1, 2009
Tebal
: 184 halaman
PENULIS
Wicaksono Adi,
lahir di Semarang pada 6 Oktober 1986. Di komunitas rubik Indonesia dan
internasional, ia dikenal dengan nama panggilan Chuck. Mulai mengenal rubik
pada Maret 2009, dengan segera ia jatuh cinta dengan permainan ini serta
komunitasnya.
PENDAHULUAN
Buku "Tip
& Trik Jago Main Rubik" ini hadir sebagai solusi jitu dan komplit.
Buku ini akan menjadi teman akrab Anda dalam menyelami permainan rubik, mulai
dari nol hingga mahir. Dari berjam-jan hingga mampu menyelesaikannya dibawah 20
detik, bahkan dengan mata tertutup.
SINOPSIS
Rubik adalah
permainan puzzle mekanik berbentuk kubus yang memiliki enam warna pada setiap
sisinya. Ditemukan pada tahun 1974 oleh Profesor Ernö Rubik, seorang arsitek
dan pemahat asal Hungaria. Dengan segera, rubik menciptakan sensasi
internasional. Setiap orang ingin memilikinya. Demam ini menjalar baik pada
anak-anak maupun dewasa. Ada sesuatu yang memikat pada kubus kecil ini. Ia
memiliki konsep yang sederhana, elegan, namun secara mengejutkan sulit untuk
diselesaikan.
Satu demi satu
kompetisi lokal diadakan untuk berlomba menyelesaikan rubik, di antaranya
American Rubik's Cube Championship (November 1981), United Kingdom Rubik's Cube
Championship (Desember 1981), Canadian Rubik's Cube Championship (Maret 1982).
Puncaknya, pada bulan Juni 1982 untuk pertama kalinya diselenggarakan Rubik's
Cube World Championship di Budapest, di mana orang-orang dari berbagai negara
dipertemukan oleh rubik. Kejuaraan ini dimenangkan oleh seorang pelajar Vietnam
berumur 16 tahun, Minh Thai, dengan catatan waktu 22,95 detik. Ketertarikan
publik pada rubik mulai memudar menjelang tahun 1990. Orang-orang sudah terlalu
kesal saat mencoba menyelesaikannya, mengingat keterbatasan informasi saat itu.
Sebagian lebih tertarik dengan kehadiran video game elektronik yang lebih
modern. Namun hingga hari ini, lebih dari 30 juta rubik telah terjual (belum
termasuk merk-merk tiruannya!), menjadikannya diakui sebagai permainan puzzle
terlaris di dunia. Bahkan rubik juga disebut-sebut sebagai mainan terlaris
sepanjang masa, berdampingan dengan boneka Barbie.
Dengan
kemuncurjan internet, rubik akhirnya bangkit dari tidur panjangnya. Pada tahun
2000, petunjuk untuk menyelesaikan rubik telah banyak ditemukan di internet.
Demam rubik pun melanda untuk kedua kalinya. Puncaknya terjadi pada tahun 2003,
ketika World Championship kedua diadakan di Canada. Rubik dipandang sebagai
permainan yang positif, terjangkau, melatih motorik, daya ingat, serta mampu
mendorong peminatnya untuk menjalin komunitas dan berkompetisi secara sehat.
IKHTISAR
Speedsolving
adalah seni menyelesaikan rubik dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Para
pelakunya biasa disebut speedcuber. Bagi mereka, menyelesaikan rubik adalah
sebuah olahraga ketangkasan. Mereka tidak hanya mengejar kesenangan, melainkan
juga membuktikan diri dan meraih prestasi.
KELEBIHAN
1. Banyak
terdapat gambar yang menarik.
2.
Penjelasannya sangat rinci.
3. Terdapat
indeks untuk kata-kata yang sulit dimengerti.
KEKURANGAN
1. Beberapa
kata yang sulit dimengerti tidak terdapat pada bagian indeks.
CONTOH RESENSI BUKU #2
IDENTITAS BUKU
Judul Buku : Dahsyatnya
Hypnoparenting
Editor
: Yoan Destarina
Penerbit
: Penebar Plus+
Cetakan
: I. Jakarta 2010, II. Jakarta 2010
Tebal
: iv + 116 Halaman
ISBN
: 978-602-8661-23-2
ULASAN BUKU
Kesuksesan
berangkat dari keluarga. Dari keluargalah seseorang dibentuk karakternya. Namun
dalam perjalanannya, banyak orang tua yang menemui berbagai kesulitan dalam
mendidik anak. Anak malas belajar, tidak suka makan, kurang percaya diri, anak
yang nakal, dan masih banyak lagi. Hypnoparenting adalah salah satu solusi bagi
para orang tua yang menemui kesulitan tersebut. Hypnoparenting berasal dari
hipnosis dan parenting. Hipnosis bukan sihir, hipnosis adalah pengetahuan dan
teknik berkomunikasi dengan sistem kerja otak. Sedangkan parenting adalah
segala sesuatu yang berurusan dengan tugas-tugas orang tua dalam mendidik anak.
Hypnoparenting menggunakan prinsip kerja hypnosis (komunikasi dengan otak)
dengan pengetahuan tentang bagaimana mendidik anak dan menjadi orang tua yang
mampu memahami perkembangan anak untuk menuju kehidupan yang baik, sukses dan
bahagia.
Orang tua
menjadi pelaku penting dalam hypnoparenting ini. Dalam prakteknya,
hypnoparenting adalah proses sugestif dengan menanamkan kalimat-kalimat yang
bersifat positif, contohnya, “kamu pintar dan rajin. Kamu senang belajar dan
selalu mengerjakan tugas dengan baik.” Waktu paling efektif untuk memasukkan
sugesti adalah menjelang tidur, saat bangun tidur, pada waktu emosi anak
meningkat, dan ketika anak dalam keadaan terkejut. Agus Sutiyono selaku penulis
sudah mulai membisikkan kalimat sugestif terhadap anaknya, Citra Amalia Putri
Sutiyono. Kalimat yang selalu ia bisikkan setiap bangun tidur sejak Citra berusia
6 bulan tersebut yaitu, “Terima kasih, ya Allah, aku sehat, aku bahagia, aku
pintar, dan baik hati.” Sugesti yang diberikan pada saat yang tepat ini
ternyata membentuk betul perilakunya. Citra tumbuh dengan emosi yang seimbang
dan disenangi teman-teman.
Dalam
hypnoparenting, orang tua harus memiliki kecerdasan emosional dan kecerdasan
spiritual yang tinggi untuk membantu anak-anak mengoptimalkan kemampuan. Anak
sebaiknya tidak dididik agar cerdas tapi juga mampu berfikir kreatif,
imajinatif, dan mempunyai emosi yang stabil. Kreativitas orang tua dibutuhkan
dalam menggunakan kalimat sugesti yang tepat untuk anak.
Buku ini
merupakan hasil belajar sang penulis di fakultas Magister Manajemen IPMI
Jakarta dengan spealisasi program Manajemen Sumber Daya Manusia Pada tahun
1996. Selain itu, penulis juga mengikuti Indonesia-Australia Specialist Project
II, Human Rights Program-University Of Sidney (UTS), Australia pada tahun 2003.
Ditulis dengan bahasa yang lugas nan santai dan berorientasi ke dalam keluarga,
buku ini sangat cocok dibaca oleh para orang tua. Kalimat-kalimat sugestif
dalam buku ini sangat beragam dan telah diterapkan oleh penulisnya sendiri yang
memang berhasil membentuk perilaku anaknya. Selain mendapat ilmu tentang cara
mendidik, mengubah atau membentuk perilaku anak, orang tua juga bisa mendapat
berbagai ilmu pengetahuan yang bisa mereka ajarkan kepada anak-anak mereka,
seperti pengertian hipnotis, mekanisme kerja otak dan lain sebagainya. Buku ini
juga cocok dibaca oleh kalangan remaja. Kalimat-kalimat sugestif yang ada pada
buku ini sangat bermanfaat dan dapat mereka terapkan dalam kehidupan
sehari-hari.
Desain gambar
animasi yang banyak terdapat dalam buku ini justru menjadi kekurangan karena
buku ini berorientasi dalam kehidupan keluarga yang ditujukan untuk dibaca
orang tua. Selain itu, ada banyak istilah-istilah dalam bahasa asing yang
umumnya sukar dipahami oleh para orang tua. Namun, terlepas dari kekurangan
yang ada, buku ini layak dimiliki oleh semua kalangan khususnya orang tua yang menginginkan
anaknya menjadi pribadi yang baik. Mendidik anak layaknya menanam pohon, jika
kita benar secara perlakuannya, maka kita juga yang akan memetik dan menikmati
hasilnya. Sungguh Dahsyatnya Hypnoparenting.
CONTOH RESENSI BUKU #3
IDENTITAS BUKU
Judul Buku : Matematika
aplikasi : untuk SMA dsn MA kelas XII program studi ilmu alam
Penulis
: Pesta E. S. & Cecep Anwar H. F.
S.
Penerbit
: Departemen Pendidikan Nasional
Cetakan
: X ( kesepuluh ), 2008
Jumlah hlm
: 194 hlm.
Jumlah bab
: 7 bab
Ukuran buku
: 20,5 × 28 cm
Harga buku
: Rp. 11.756
ULASAN BUKU
Buku ini
berjudul Matematika aplikasi yang diperuntukkan untuk SMA dan MA kelas
XII program studi ilmu alam, supaya dapat dipelajari sebagai sumber pengetahuan
dan siswa dapat mendalami pelajaran matematika secara luas. Buku ini ditulis
oleh Pesta E. S. dan Cecep Anwar H. F. S, dimana dalam buku ini, siswa dapat
belajar aktif melalui aktifitas di kelas, gamemath dan siapa berani. Buku ini
tergolong buku pelajaran yang materinya disajikan dengan bahasa yang lugas dan
ilustrasi yang menarik. Buku ini berbalur ungkapan santun dengan bahasa yang
komunikatif sehingga mudah dipahami oleh siswa. Selain itu, buku ini juga
didukung dengan tampilan tata letak yang baik, disain dan ilustrasi yang
menarik dengan memperhatikan tingkat pemahaman siswa.
Buku ini
memiliki banyak keunggulan yang disajikan dibandingkan dengan buku lain yakni,
memiliki daftar simbol yang merupakan kumpulan simbol atau rotasi beserta
penjelasannya yang dilengkapi nomor halaman kemunculannya. Memiliki Info Math
yang disisipkan sebagai informasi untuk membuka wawasan sehingga tidak buta
terhadap informasi matematika dan perkembangan teknologi. Memiliki Sahabat kita
yang merupakan informasi latar belakang matematikawan yang telah berjasa dengan
menemukan berbagai macam teori yang sekarang ini digunakan dan dirasakan
manfaatnya. Memiliki glosarium yang disajikan untuk memahami istilah-istilah
yang disusun secara alfabetis beserta penjelasannya. Memiliki indeks yang
merupakan kumpulan istilah penting yang dilengkapi dengan nomor halaman
kemunculan istilah dan disajikan secara alfabetis.
Pada buku ini,
disamping memiliki keunggulan, namun juga terdapat kekurangan didalamnya yakni,
gambar yang disajikan pada buku ini tidak berwarna sehingga bisa saja dapat
menimbulkan kurangnya minat para siswa dalam mengkaji buku tersebut. Selain
itu, kualitas kertas buku yang digunakan juga kurang bagus sehingga mudah cacat
atau robek. Buku ini disajikan hanya untuk pelajar SMA kelas XII program ilmu
alam, untuk dipelajari sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan yang
meliputi aspek-aspek pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai-nilai.
Pengembangan aspek-aspek tersebut untuk meningkatkan dan mengembangkan
kecakapan hidup (life-skills) melalui seperangkat kompetensi agar siswa dapat
bertahan hidup, menyesuaikan diri, dan berhasil di masa datang.
CONTOH RESENSI BUKU #4
IDENTITAS BUKU
Judul Buku : Menuju Masyarakat belajar
Penulis : Indra Djati Sidi, Ph.D
Penerbit
: PARAMADINA
Tahun Penerbit
: 2001
Tebal Buku : xxiii + 116 Halaman
ISI BUKU
Membicarakan
pendidikan melibatkan banyak hal yang harus direnungkan, sebab meliputi
keseluruhan tingkah laku manusia yang dilakukan demi memperoleh kesinambungan,
pertahanan dan peningkatan hidup. Karena itu renungan tentang apa yang
dimaksudkan dengan pendidikan tidak terbatas hanya kepada pengajaran, tetapi
juga peran mendidik anak melalui kebiasaan kesehariannya. Dewasa ini direktorat
Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah tengah mengalami masalah yang berkenan
dengan kebijaksanaan tentang pemerataan dan perluasan pendidikan, yaitu belum
tuntasnya wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun.
KELEBIHAN
Buku tulisan
Indra Djati Sidi, Ph.D ini tidak hanya memberikan inspirasi konsep dan
pelaksanaan pendidikan di sekolah-sekolah dasar dan luar sekolah, melainkan
juga menjadi satu kritik bagi landasan pelaksanaan pendidikan di negeri ini.
Karena itu, perlu disahuti keberanian dan kreativitasnya, karena tulisannya
sungguh luar biasa, banyak ilmu yang terkandung didalamnya.
KEKURANGAN
Hamper
keseluruhan buku ini tidak ada kekurangannya, tetapi jika tidak membaca
berulang kali mungkin tidak mengerti, karena didalamnya terdapat bahasa asing
yang sulit dimengerti oleh para pembaca pemula.
KESIMPULAN
Pendidikan
memiliki peran yang sangat strategi dan efektif dalam pembentukan karakter
bangsa. Pembentukan karakter peserta didik harus dilakukan melalui semua mata
pelajaran, bukan semata-mata tanggung jawab pendidikan keimanan dan ketaqwaan
saja. Disamping isi materi pelajaran, cara atau metode pembelajaran sangat
penting untuk membentuk watak dan karakter siswa.
CONTOH RESENSI BUKU #5
IDENSTITAS BUKU
Judul Buku : PENGANTAR Filsafat Pendidikan
Penulis : Drs. Uyoh Sadulloh, M.pd
Penerbit
: ALFABETA, CV
Cetakan : kedua
Jumlah halaman
: 183 halaman
Harga : Rp 50.000.00
Tahun terbit
: September 2004
ISI YANG PENTING/MENARIK
Pendidikan
merupakan kegiatan yang hanya dilakukan manusia dengan lapangan yang sangat
luas, yang mencakup semua pengalaman serta pemikiran manusia tentang
pendidikan. Pendidikan sebagai suatu praktek dalam kehidupan,seperti halnya
dengan kegiatan-kegiatan lain, seperti kegiatan ekonomi, kegiatan hukum,
kegiatan agama, dan lain-lain. Selain itu, kita dapat juga mempelajari
pendidikan secara akademik, baik secara empirik yang bersumber dari
pengalaman-pengalaman, maupun dengan jalan perenugan-perenungan yang mencoba
melihat makna pendidikan dalam suatu konteks yang lebih luas. Yang pertama,
kita sebut Praktik pendidikan, sedangkan yang kedua disebut teori pendidikan.
BAHASA PENGARANG
Bahasa
pengarang dalam buku ini menggunakan bahasa yang komunikatif sehingga
mudah dipahami oleh pembaca atau dengan kata lain pesan yang ingin
disampaikan oleh pengaran dapat dipahami langsung oleh pemmbaca.
KEUNGGULAN
Keuggulan dari
buku ini adalah mampu memberikan informasi tentang nilai, sumber nilai dan
bagaimana manusia dapat memperoleh nilai tersebut karena pendidikan pada prinsipnya
tidak dapat dipisahkan dari nilai.
KELEMAHAN
Kelemahan dalam
buku ini kurangnya memberikan pemahaman bagi pembaca khususnya para pemula
sehingga pesan yang diutarakan oleh pengarang tidak tersampaikan pada pembaca.
KESIMPULAN
Buku ini layak
di baca karena didalamnya memuat ilmu pendidikan, pendekatan filosofis dan
bukan hanya teori pendidikan yang dibahas tetapi juga dengan praktik
pendidikan sebagai upaya untuk membangun sumber daya manusia dan memberi
wawasan yang sangat luas, karena pendidikan menyangkut seluruh aspek kehidupan
baik pemikiran maupun pengalamannya. Pendidikan membutuhkan pengkajian
filosofis karena kajian semacam ini akan melihat pendidikan dalam suatu
realitas yang komprehensip. Kajian filosofis tentang pendidikan akan membantu memberikan
informasi tentang hakikat manusia, yang secara horisontal berhubungan dengan
sesama manusia dan jagat raya. Kajian filosofis juga memberikan informasi
yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan sumber pengetahuan karena hal ini
sangat membantu dalam menentukan tujuan akhir pendidikan.
Mata
Pelajaran :
Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : IX
/ 1
Bacaan untuk soal no.1 s.d.3
Peserta : Apakah yang diperlukan
untuk menanam adenium?
Narasumber : Hal-hal yang perlu
disiapkan untuk membudidayakan tanaman hias adenium adalah menyiapkan bibit
tanaman adenium; manyiapkan media yang sesuai dengan tanaman adenium;
mempelajari sifat-sifat tanaman adenium; memahami cara perawatan tanaman
adenium.
Peserta : Saya pemula
tanaman adenium. Bagaimana cara mempercepat percabangan tanaman adenium?
Narasumber : Cara mempercepat
percabangan tanaman adenium biasanya dengan pemotongan batang atau pruning.
Untuk mendapatkan percabangan yang bagus, anda perlu memerhatikan mata tumbuh
pada batang agar cabang yang tumbuh tidak asal-asalan. terlalu banyak melakukan
penyiraman.
1. Apakah
topik yang dibahas dalam dialog interaktif tersebut?
a. Penanaman
adenium
b. Perawatan
adenium
c. Pengembangbiakan
adenium
d. budi daya
adenium
2. Siapakah
orang yang paling tepat menjadi narasumber dialog tersebut?
a. Tukang
kebun perawat taman
b. Pakar
tanaman adenium
c. Penjual
bunga adenium
d. Penggemar
adenium
3. Simpulan
yang tidak sesuai dengan dialog tersebuta dalah ..
a. Narasumber
dapat memberikan penjelasan tentang budidaya adenium
b. Penanya
adalah penggemar adenium
c. Penanya
berminat untuk menjadi penjual adenium
d. Narasumber
adalah penjual tanaman hias yang sukses
Bacaan untuk soal no.4 s.d.6.
Penanya
Apakah yang Bapak lakukan agar sekolah
ini tetap bersih rindang dan indah.
Narasumber
Saya mengajak semua warga sekolah
untuk ikut aktif dalam semua kegiatan kebersihan.
Penanya
Bagaimanakah jika ada guru yang hanya
mengajar tetapi tidak peduli terhadap kebersihan lingkungan?
Narasumber
Saya tidak bosan-bosan untuk mengajak
mereka. Dalam rapat dinas pun selalau saya ingatkan.
4. Bagaimanakah
sikap narasumber terhadap sikap guru yang tidak peduli terhadap kebersihan?
a. Biasa
saja, karena guru tugasnya mengajar.
b. Sangat
peduli, karena guru adalah warga sekolah.
c. Sangat
bijaksana, karena guru dapat memotivasi siswa.
d. Biasa
saja, karena ada guru yang peduli da nada guru yang tidak peduli.
5. Pertanyaan
yang tepat untuk narasumber adalah ….
a. Siapakah
yang menunjuk Bapak untuk mengelola sampah di sini?
b. Bagaimanakah
kepedulian satpam sekolah terhadap kebersihan?
c. Berapa
lama Bapak dinas di sekolah ini?
d. Berapakah
Bapak digaji dalam sebulan?
INDEKS
BUKU
1. Membaca memindai adalah membaca dengan
cermat dan lama untuk menemukan informasi yang kita perlukan
2. Indeks adalah kata atau istilah penting
yang tersusun menurut abjad yang memberikan informasi mengenai halaman tempat
kata atau istilah ditemukan.
3. Indeks sangat berguna untuk mempermudah
mencari keterangan di dalam buku karena dengan segera akan ditemukan informasi
yang kita cari.
4. Pada umumnya, indeks buku diletakan pada
halaman akhir buku.
Contoh indeks dalam buku yang
berjudul Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya:
Abrams, M.H., 93, 94, 95, 140, 141, 162,
163, 166, 206, 207
↓ ↓
Subjudul pada buku Halaman
A
Akustia, Klara, 214
Aku sertaan, 78
Aku tak sertaan, 78
Ali, Muhammad, 43, 44
Alisjahban,SutanTakdir,24,41,42,54,58,99,187
Altenbernd, Lynn, 148
Alu Ulangan, 84
Ambiguistas, 125-126, 149-150, 220
Analisis, 108, 141
Angkatan Balai Pustaka, 18-19, 22-24
B
Bachri, Sutarji Colzoum, 31, 49, 50, 52, 65, 121,
128, 129,
Bachtiar, Toto Sudarto, 43, 44, 48
Badudu, J.S,. 40
Balada, 45-46, 48, 62-63
Batuah, Sofi Radjo, 97, 236
C
Cerita berbingkai, 78-80, 81
Creating of meaning (penciptaan arti), 51, 112,
124, 129
Culler, Jonathan, 109, 132, 141, 142, 155,167
5. Indeks dibedakan menjadi dua: indeks
subjek dan indeks pengarang. Indeks subjek berisi daftar istilah-istilah dalam
buku, sedangkan indeks pengarang berisi daftar nama pengarang atau tokoh yang pendapat
atau teorinya dikutip dalam buku yang bersangkutan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar